Mahkamah Konstitusi Photo by aditya-joshi Unsplash

Mahkamah Konstitusi Memutus Perkara: 4 Hal yang Diperhatikan

Secara kedudukannya, Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan  kewenangan berkaitan dengan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi dalam memutus suatu perkara berdasarkan alat bukti dan keyakinan hakim. Keyakinan yang dimaksud adalah keyakinan Hakim berdasarkan alat bukti. Ini artinya alat bukti menjadi hal yang penting dan menentukan untuk meyakinkan hakim Mahkamah Konstitusi dalam memutus suatu perkara.
ibu dan anak

Bisakah Merubah Status Ibu dalam Kartu Keluarga?

Dengan demikian, Saudara tidak dianjurkan untuk memasukkan keterangan bahwa Saudara adalah Ibu Kandung dari Anak Tiri Saudara dalam Kartu Keluarga baru. Tindakan tersebut tidak hanya berpotensi memberikan ancaman pidana, melainkan juga berpotensi membuat catatan kependudukan anak tiri Saudara tersebut menjadi tidak jelas dan akan mempersulit anak tiri Saudara di masa yang akan datang ketika melakukan pengurusan yang memerlukan catatan kependudukan.
anak dan akta nikah ortu

Bisakah Status Anak Ditentukan dari Akta Nikah Orang Tua?

Sehingga dapat dimungkinkan Saudara merupakan anak biologis dari kedua orang tua Saudara dengan pencatatan perkawinan yang dilakukan menjelang Saudara lahir, sehingga terbit akta nikah yang memiliki sedikit perbedaan dengan bulan Saudara dilahirkan. Namun untuk kepastiannya saudara dapat menanyakan secara langsung kepada orang tua Saudara untuk mendapatkan penjelasan dan melakukan perubahan dokumen identitas kependudukan apabila dibutuhkan.
Anak dan ayah kandung

Merubah Akta Kelahiran Anak Bisa Dipidana? Jangan Coba-Coba

Sehingga akta kelahiran anak saudari yang sudah benar menjelaskan ayah kandung dan ibu kandung dari anak saudari tersebut tidak dapat dibatalkan kecuali ada fakta hukum lain yang menjadi alasan kuat untuk penggantian akta kelahiran. Begitu juga kartu keluarga saudari tidak dapat dirubah keterangan ayah kandung anak saudari karena KK dibuat berdasarkan dengan bukti akta kelahiran yang ada dan sah di mata hukum
akta kelahiran dan hak waris anak

Akta Kelahiran Dirubah, Masihkah Anak Mendapatkan Hak Waris?

Dengan demikian, selama hubungan anak dan ayah dapat dibuktikan dengan Tes DNA atau sejenisnya, maka anak tersebut memiliki hubungan keperdataan dengan ayahnya, termasuk dalam hal pewarisan. Meski demikian, pasal tersebut berlaku bagi anak luar kawin, yang artinya ketika pembuatan Akta Kelahiran tidak disebutkan nama ayahnya. Oleh karenanya tidak dapat ditetapkan dalam peristiwa yang Saudara sebutkan.Agar anak yang Saudara sebutkan dalam pertanyaan di atas memperoleh hak waris dari ayah kandungnya, maka tentu harus dibuktikan terlebih dahulu hubungan antara anak tersebut dengan ayah kandungnya. Kemudian dilakukan perubahan akta kelahiran.
Akta Kelahiran

Perbedaan Tempat Lahir pada Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, Apa yang Harus Dilakukan?

Sehingga untuk menjawab pertanyaan saudara, saudara hanya perlu melakukan perbaikan dokumen apabila perbedaan tempat lahir ada pada data KTP, Akta Kelahiran, dan KK Ayah tiri saudara. Adapun dengan status saudara yang tercantum pada KK ayah tiri tidak menjadi masalah untuk menggunakannya dalam persyaratan berkas nikah di KUA.
Asuransi dan Reasuransi Syariah

Nama Ayah Tiri di Kartu Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

Sehingga pelaksanaan perkawinan dalam Islam yang mengharuskan adanya wali yang sah secara hukum dan agama diberatkan kepada calon pengantin wanita. Calon pengantin laki-laki dalam Islam diberikan kebebasan untuk melangsungkan perkawinan/akad nikah tanpa didampingi oleh wali nikah baik wali nasab maupun wali hakim. Selama calon pengantin laki-laki sudah melebihi usia 21 (dua puluh satu) tahun, maka sah untuk melakukan perkawinan tanpa mendapatkan izin dari kedua orang tuanya
Bukti Surat Dalam Sidang Perdata Penghapusan Nama Ayah Kandung di Akta Kelahiran Pic by Google

Prosedur Pengurusan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga

Pembuatan KK melalui kantor desa membutuhkan persyaratan berkas antara lain: fotokopi masing-masing KTP anggota keluarga, fotokopi buku nikah orang tua, dan fotokopi akta kelahiran atau ijazah masing-masing anggota keluarga. Dengan perkiraan proses pengerjaan 7-14 hari kerja sesuai dengan kondisi kantor desa domisili saudara. Sehingga ketika KK sudah diterbitkan oleh desa saudara bisa memiliki KK dengan identitas orang tua kandung dan kelima anak yang tercatat secara sah.
Bentuk Tindak Pidana Korupsi pics by Freepik

Langkah Hukum yang Bisa Dilakukan Untuk Ayah yang Menelantarkan Anaknya

Akta kelahiran menjadi bukti bahwa anak yang dilahirkan memiliki asal usul yang jelas. Anak dari perkawinan yang sah dan anak di luar perkawinan yang sah pun berhak mengajukan permohonan akta kelahiran sehingga memiliki hak dan perlakuan hukum yang sama rata. Dengan tercantumnya nama kedua orang tua anak, maka pengasuhan anak yang belum baligh menjadi hak ibunya berdasarkan Pasal 105 Kompilasi Hukum Islam sedangkan biaya pemeliharaan anak menjadi tanggung jawab seorang ayah.
Photo by pexels-pixabay

Pembatalan dan Pencabutan KTUN

Bahwa prosedur untuk mengembalikan seluruh pejabat PPT Pratama yang telah diputuskan dalam SK Bupati nomor A karena adanya pelanggaran prosedur dalam pemutasian PNS, disamping disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara nasional, juga perlu disesuaikan pula dengan peraturan daerah yang berlaku di Kabupaten Probolingo.
1 2 3