waris dan wasiat

Pembagian Waris Berdasarkan Wasiat

Apabila ayah Saudara memberikan seluruh harta warisan kepada anak dan istrinya dimana hal tersebut lebih dari ⅓ harta peninggalan, maka harus mendapatkan persetujuan dari ahli waris yang lain seperti nenek (ibu dari ayah Saudara). Jika ahli waris yang lain tidak menyetujui maka wasiat hanya bisa dilakukan maksimal ⅓ bagian dari harta peninggalan ayah Saudara. Hal tersebut berdasarkan Pasal 201 KHI.
harta waris

Harta Waris Bisakah Menjadi Harta Perkawinan?

Setiap harta dalam perkawinan menjadi hak milik bersama antara suami dan istri, namun apabila salah satu dari suami/istri meninggal dunia maka harta tersebut dapat dibagi kepada ahli waris yang sah yang didalamnya termasuk anak-anak dari perkawinan tersebut.
anak dan akta nikah ortu

Bisakah Status Anak Ditentukan dari Akta Nikah Orang Tua?

Sehingga dapat dimungkinkan Saudara merupakan anak biologis dari kedua orang tua Saudara dengan pencatatan perkawinan yang dilakukan menjelang Saudara lahir, sehingga terbit akta nikah yang memiliki sedikit perbedaan dengan bulan Saudara dilahirkan. Namun untuk kepastiannya saudara dapat menanyakan secara langsung kepada orang tua Saudara untuk mendapatkan penjelasan dan melakukan perubahan dokumen identitas kependudukan apabila dibutuhkan.
Potongan Tunjangan Hari Raya waris kakek nenek

Apakah Cucu Bisa Mendapatkan Warisan Kakek-Nenek? Perhatikan 2 Aturan Waris Berikut

Oleh karena itu, ketika anak-anak Nenek akan melakukan penjualan hak atas tanah yang masih atas nama nenek tersebut, mereka harus melibatkan Saudara, adik Saudara dan istri sah Ayah Saudara untuk menandatangani segala perjanjian dan/atau Akta Jual Beli terkait hak atas tanah tersebut, karena belum ada pemecahan hak atas tanah terhadap harta waris tersebut.
Anak dan ayah kandung

Merubah Akta Kelahiran Anak Bisa Dipidana? Jangan Coba-Coba

Sehingga akta kelahiran anak saudari yang sudah benar menjelaskan ayah kandung dan ibu kandung dari anak saudari tersebut tidak dapat dibatalkan kecuali ada fakta hukum lain yang menjadi alasan kuat untuk penggantian akta kelahiran. Begitu juga kartu keluarga saudari tidak dapat dirubah keterangan ayah kandung anak saudari karena KK dibuat berdasarkan dengan bukti akta kelahiran yang ada dan sah di mata hukum
Wasiat kepada anak angkat

Kedudukan Wasiat Terhadap Pembagian Waris Anak Angkat

Terima kasih atas pertanyaan saudara, berdasarkan pertanyaan yang saudara sampaikan terlebih dahulu akan kami paparkan tentang status anak…
Kakek mengatasnamakan bidang tanah Pic by Google

Kakek Mengatasnamakan Bidang Tanah Kepada Salah Satu Putrinya; 2 Kemungkinan Perbuatan Hukum dan Hukum Islam yang Mengatur

Harus ditelusuri dulu sebab Kakek mengatasnamakan bidang tanah kepada salah satu putrinya. Apabila hal tersebut dikarenakan adanya peristiwa jual beli, maka harta tersebut adalah murni milik Ibu Saudara. Namun apabila harta tersebut merupakan hibah, suatu hari nanti harta dimaksud dapat diperhitungkan sebagai harta waris dari Kakek.
Asuransi dan Reasuransi Syariah

Nama Ayah Tiri di Kartu Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

Sehingga pelaksanaan perkawinan dalam Islam yang mengharuskan adanya wali yang sah secara hukum dan agama diberatkan kepada calon pengantin wanita. Calon pengantin laki-laki dalam Islam diberikan kebebasan untuk melangsungkan perkawinan/akad nikah tanpa didampingi oleh wali nikah baik wali nasab maupun wali hakim. Selama calon pengantin laki-laki sudah melebihi usia 21 (dua puluh satu) tahun, maka sah untuk melakukan perkawinan tanpa mendapatkan izin dari kedua orang tuanya
Kakek mengatasnamakan bidang tanah Pic by Google

Mengatasi Permasalahan Administratif Pendaftaran Pernikahan Karena Kesalahan Akta Kelahiran

Pendaftaran pernikahan di Indonesia, khususnya yang dilakukan secara Islam, melibatkan proses administratif yang harus diikuti dengan ketat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Pernikahan Islam memerlukan pencatatan melalui Kantor Urusan Agama, sedangkan pernikahan dengan tata cara agama lainnya dicatat di Dispendukcapil.Proses administratif pendaftaran pernikahan Islam melibatkan persyaratan yang harus dipenuhi, seperti surat keterangan, kutipan akta kelahiran, persetujuan calon mempelai, izin tertulis bagi calon mempelai di bawah usia 21 tahun, dan berbagai dokumen lainnya. Wali nikah dalam pernikahan Islam ditentukan sesuai dengan kelompok keluarga tertentu, dan wali hakim dapat diterapkan jika wali nasab tidak hadir atau tidak diketahui.Jika terdapat kesalahan dalam akta kelahiran, perlu dilakukan pembenaran atau perubahan melalui permohonan kepada Pengadilan Negeri setempat. Dalam pengajuan permohonan tersebut, saksi-saksi dapat memberikan keterangan untuk mendukung perubahan akta kelahiran. Jika ayah tidak diketahui keberadaannya, wali hakim dapat digunakan untuk menikahkan anak perempuan tersebut.Penting untuk memahami dan mengikuti prosedur administratif dengan cermat agar pernikahan dapat tercatat secara sah sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.
Pemutusan Perjanjian Sepihak

Anak Laki-Laki Sebagai Pengganti Waris Ibu Kandung

saudara sebagai anak tunggal laki-laki dari ibu kandung Saudara, berhak mendapatkan bagian waris dan dinyatakan sebagai ahli waris dari keturunan garis ke bawah dari harta peninggalan kakek. Namun bagian saudara selaku pengganti penerima waris tidak boleh melebihi bagian ahli waris yang sederajat dengan yang digantikan. Dalam hal ini bagian yang berhak diterima oleh saudara tidak bisa melebihi bagian dari paman/bibi dari jalur kesamping ibu saudara dan/atau anak-anak dari kakek saudara.
1 2 3 4